pertemuan 8 ( 24 april 2018 )

PARAGRAF ATAU ALINEA



Paragraf atau alinea adalah suatu bentuk bahasa yang biasanya merupakan hasil penggabungan beberapa kalimat pengertian lainnya bisa berupa wacana yang mengungkapkan suatu pikiran yang lengkap

Ciri- ciri : terdiri dari beberapa kalimat, terdiri dari ide pokok, menggunakan pikiran perjelas yang dituangkan dalam kalimat perjelas, Menggunakan pikiran utama yang dinyatakan dalam kalimat utama atau kalimat topik.

Fungsi : mengekspresikan gagasan tertulis ke dalam serangkaian kaliimat yang tersusun secara logis satu dan padu, menandai peralihan gagasan baru, memudahkan pengorganisasian gagasan.

Persyaratan alinea : perlu kesatuan, perlu kepaduan

- Perlu Kesatuan : Kesatuan yaitu sebuah paragraf harus dapat dibangun dengan satu pikiran yang jelas. Pikiran tersebut dijabarkan ke dalam bentuk pikiran pokok serta beberapa pikiran jelas. Hubungan pikran satu dengan pikiran lainnya mengindikasikan bahwa paragraf tersebut mempunyai kesatuan

- Perlu Kepaduan : Kepaduan terwujud dari adanya hubungan kompak pada antarkalimat pembentuk paragraf. Kepaduan yang baik dapat terjadi apabila terdapat hubungan timbal balik antara kalimat wajar serta dapat dengan mudah dipahami. 

Struktur Alinea ada 2 macam yaitu :

  1. Kalimat Utama : Biasanya diletakkan pada awal paragraf, tetapi bisa juga diletakkan pada bagian tengah maupun akhir paragraf. Kalimat utama adalah kalimat yang inti dari ide atau gagasan dari sebuah paragraf. Biasanya berisi suatu pernyataan yang nantinya akan dijelaskan lebih lanjut oleh kalimat lainnya dalam bentuk kalimat penjelas.
  2. Kalimat Penjelas : Kalimat penjelas adalah kalimat yang memberi penjelasan tentang gagasan pokok.Kalimat penjelas harus senantiasa menjabarkan gagasan yang dinyatakan dalam kalimat topik.

Jenis alinea ada 3 macam yaitu 

1. Menurut posisi kalimat topiknya  
- Alinea deduktif
-Alinea induktif
-Alinea deduktif-induktif
-Alinea penuh kalimat topik


2. menurut sifat isinya
- Alinea persuasif
-Alinea Naratif
-Alinea argumentatif
-Alinea deskriptif
- Alinea Ekspositoris


3. menurut fungsinya dalam karangan
- Alinea pembuka
-Alinea pengembang
-Alinea penutup

Komentar

Postingan populer dari blog ini

pertemuan 3 ( 6 maret 2018 )

KOMUNIKASI BISNIS

pertemuan 1 ( 20 februari 2018 )